Senin, 11 April 2016

91 Telur Penyu di Pulau Derawan Diamankan Polisi


MANIS77 -  Aparat Polri, Badan Lingkungan Hidup (BLH) Berau dan pegiat satwa Protection of Forest & Fauna (ProFauna) Borneo area konservasi penyu Berau, menyelamatkan 91 butir telur penyu dari aksi pencurian, di pulau Derawan, kabupaten Berau, Kalimantan Timur. Puluhan butir telur penyu itu kini diamankan di area konservasi di Derawan.

Penyelamatan 91 butir telur penyu itu, dilakukan Sabtu (9/4) dini hari lalu, saat tim Polri, BLH dan ProFauna, menyisir pulau Derawan. Puluhan butir telur penyu itu diduga baru saja dikeluarkan oleh sang induknya, yang naik ke daratan untuk bertelur. Apabila tidak segera diselamatkan, telur itu berpotensi untuk dicuri dan dikonsumsi.

"Akhirnya telur itu, sekarang diamankan tim BLH di area konservasi. Diperkirakan, 55-60 hari ke depan, telur itu akan menetas menjadi tukik," kata Kapolres Berau, AKBP Anggie Yulianto Putro.
Pasca temuan telur penyu yang berada di sekitar permukiman warga itu, Anggie memberikan catatan tersendiri, untuk meningkatkan pengawasan kepolisian, di pulau Derawan.

Tujuannya, untuk meminimalisir aksi pencurian telur penyu di pulau yang menjadi destinasi wisata itu. "Ya, saya perintahkan untuk jajaran meningkatkan patroli di Derawan," tegas Anggie. Pada hari yang sama, kepolisian bersama BLH dan ProFauna, membicarakan serius terkait dugaan maraknya pencurian telur penyu, di hadapan masyarakat Derawan. Diantaranya, disepakati solusinya, bahwa prosesi penyu yang bertelur, menjadi tontonan bagi turis yang berkunjung ke Derawan.

"Wisatawan yang berkunjung ke Derawan, direncanakan dipungut bayaran untuk melihat prosesi penyu naik ke daratan dan bertelur. Tujuannya, untuk meningkatkan kegiatan ekonomi masyarakat Derawan," ungkap Anggie. "Rencana ini, akan dibawa pada pertemuan lanjutan, di tingkat kabupaten. Jadi, masyarakat juga berturut serta menjaga ancaman kepunahan penyu, jugan mengantisipasi kemungkinan pencurian penyu," ujar dia.

Penyisiran pulau Derawan itu dilakukan menyusul temuan tim BLH Berau sebelumnya. Pada salah satu daerah pesisir Derawan, ditemukan 8 butir telur penyu, sandal dan pisau dapur, beserta gumpalan darah. Diduga kuat, oknum warga tak bertanggungjawab, membelah perut penyu untuk mencuri telurnya, baik dikonsumsi maupun diperjualbelikan.(Merdeka)

MTV Movie Awards 2016
Konser Selena Gomez
Memperbolehkan Anda






Tidak ada komentar:

Posting Komentar