Selasa, 21 Juni 2016

Sebanyak 71 Senjata Api Disita di Perbatasan Timor Leste


MANIS77 - Sebanyak 71 senjata api springfield, Selasa, 21 Juni 2016, disita aparat Satuan Tugas Pengamanan Perbatasan (Satgas Pamtas) Batalyon Arteri Medan (Yonarmed) 11 Kostrad di daerah perbatasan antara Indonesia dengan Timor Leste di Kabupaten Timor Tengah Utara, Provinsi Nusa Tenggara Timur. Selain itu juga disita tiga pucuk senjata rakitan aktif beserta amunisi.

Komandan Satgas Pamtas Yoarmed 11 Letnan Kolonel Arm Teguh Tri Prihanto Usman menjelaskan senjata api tersebut disita di beberapa rumah adat. Senjata itu diduga merupakan warisan dari leluhur yang biasa digunakan untuk berburu. Namun terkadang digunakan untuk perang. Saat ini puluhan senjata api itu diamankan di Markas Komando Satgas Pamtas RI- Timor Leste.

Kuat dugaan senjata api yang lengakp dengan amunisi itu pernah digunakan warga pada saat perang dunia kedua dan perang Timor- Timur 1999 lalu. "Puluhan pucuk senjata api itu kebanyakan adalah peninggalan leluhur yang tersimpan di rumah rumah adat," kata Teguh. Puluhan senjata api springfield buatan Amerika itu akan diregistrasi dan diserahkan ke Markas Korem 161 Wirasakti Kupang sebagai barang bukti. Selanjutkan akan dimusnahan.(Tempo)





Tidak ada komentar:

Posting Komentar