Selasa, 27 September 2016

Polda Metro Kerahkan 6.000 Personel Untuk Kawal Demo Buruh


MANIS77 - Ribuan buruh di 20 provinsi dan 150 kabupaten/kota akan melakukan unjuk rasa serentak pada Kamis 29 September 2016 di Jakarta. Mereka menuntut Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 78 Tahun 2015 tentang Ketenagakerjaan.

Sementara di Jakarta diperkirakan ada 20 ribu buruh yang akan menggelar demonstrasi di Balai Kota DKI Jakarta hingga Istana Negara. Anggota Polda Metro Jaya sudah berkomunikasi dengan Sekretaris Jenderal Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI) Muhammad Rusdi.

Hasilnya, mereka menjamin bahwa unjuk rasa pasti berlangsung aman tanpa ada aksi anarkis. "Komitmennya teman-teman tidak akan melakukan sweeping, tidak akan melaksanakan penutupan jalan, dan melaksanakan dengan tertib.

Karena tujuan aksi adalah aksi tertib dan damai," kata Wakapolda Metro Jaya Brigjen Suntana di Biro Ops Polda Metro Jaya, Jakarta, Selasa (27/9/2016). Suntana mengatakan, para buruh sudah berjanji kepada polisi untuk tidak mengganggu hak publik masyarakat lainnya, seperti mengadakan longmars di Bundaran Hotel Indonesia (HI).

Kemudian para buruh memutuskan berkumpul di Parkiran Irti Monumen Nasional dan longmars ke Balai Kota DKI Jakarta, Patung Kuda, Gedung Mahkamah Konstitusi (MK), dan Istana Negara. Nantinya beberapa dari mereka juga turut menggelar unjuk rasa di Gedung Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Di mana pun mereka berada, lanjut Suntana, Polda Metro Jaya akan menerjunkan sekira 6.000 personel untuk melakukan pengamanan. "Kita cukup banyak. Kita berkomitmen, kita tidak menggunakan senpi. Tidak ada petugas yang diberikan senpi.

Totalnya ya bisa sampai 5.000–6.000 personel," ujarnya. Suntana menerangkan, pada prinsipnya Mabes Polri dan Polda Metro Jaya berkomiten melayani serta mengamankan unjuk rasa yang dilakukan buruh. Apalagi, aksi tersebut tidak hanya dilakukan di satu tempat.

"Di beberapa provinsi ada unjuk rasa dan Polda Metro Jaya akan mengamankan juga. Begitu juga teman-teman yang akan datang ke Jakarta akan dilakukan pengawalan dari titik mereka berada dilakukan pengawalan oleh polisi nanti kita arahkan ke posisi kumpul," tukasnya.(okezone)


Timbangan & Uang 20 Juta Ditemukan di Kamar Napi 
Ahmad Dhani Memimpin Band Itu Terlalu Kecil
Pesan Ayam Goreng Dapat Uang Sebesar USD5.000

Tidak ada komentar:

Posting Komentar