Rabu, 05 Oktober 2016

Pemprov Jabar Siapkan Rp 10 Miliar untuk Tangani Bencana Garut & Sumedang


MANIS77 - Pemprov Jawa Barat mengalokasikan Rp10 miliar untuk membantu penanganan usai bencana banjir bandang di Kabupaten Garut dan longsor di Kabupaten Sumedang. Dari Rp10 miliar itu, sebanyak Rp6,5 miliar dialokasikan untuk Garut dan Rp3,5 miliar untuk Sumedang.

"Yang Rp10 miliar itu dana cepat (untuk penanganan yang memerlukan dana secepatnya)," kata Gubernur Jawa Barat, Ahmad Heryawan (Aher), di Gedung Sate, Bandung, Rabu (5/10/2016). Dikucurkannya dana tersebut adalah untuk memenuhi berbagai kebutuhan yang masuk kategori mendesak dalam penanganan di lokasi.

Sehingga hal-hal mendasar dan penting diharapkan bisa segera terpenuhi. Salah satunya adalah untuk pembelian peralatan kesehatan di RSUD dr Slamet, Garut. Sebab banyak peralatan di sana yang rusak dan perlu segera diganti agar pelayanan kesehatan bisa berjalan maksimal.

Di luar dana yang ada saat ini, ke depannya Pemprov Jawa Barat juga berencana menambah anggaran. Salah satunya adalah untuk membantu proses rehabilitasi dan rekonstruksi, termasuk kemungkinan relokasi.

Saat ini, di Garut dan Sumedang, pendataan terhadap dampak kerusakan akibat banjir bandang dan longsor sedang dilakukan. Data itu akan dijadikan dasar untuk tahap rehabilitasi dan rekonstruksi. "Saat ini sedang tahap pendataan, inventarisasi mana-mana saja yang masuk program rehabilitasi dan rekonstruksi," ungkap Aher.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerag (BPBD) Jawa Barat, Haryadi Wargadibrata, mengatakan bahwa timnya sudah ada di Garut dan Sumedang untuk menginventarisir kerusakan akibat bencana.

Ia berharap proses pendataan selesai secepatnya. Sehingga data itu akan segera ditindaklanjuti oleh pihak-pihak terkait. "Saya minta data-datanya harus sudah selesai minggu depan," tandas Haryadi.(okezone)


Duel Lawan Begal, 3 Polisi Luka Alami Parah
Pernikahan Asty Ananta Tidak Dihadiri Keluarganya
Disalip Antrian, Pria ini Dapat Lotre Rp 13,2 Miliar

Tidak ada komentar:

Posting Komentar